Senin, 17 Desember 2018

Berikut ini 20 Kawasan Perkantoran Paling Mahal di Asia



hong kong, property, perkantoran, gedung perkantoran, sewa kantor, perkantoran premium
Hong Kong - Condé Nast Traveler
Pusat bisnis Hong Kong menjadi wilayah yang memiliki harga perkantoran premium paling mahal di dunia. Wilayah sekitar Hong Kong juga memiliki harga sewa, pajak, dan juga biaya layanan 60% lebih mahal dibandingkan wilayah Midtown New York, dan hampir 75% lebih mahal dibandingkan wilayah West End London.

Begitu berdasarkan laporan JLL Premium Office Rent Tracker (PORT) yang menghimpun data tentang total penyewaan pada gedung perkantoran premium di wilayah perkantoran terbaik dari 61 kota.

Baca Juga : Kok Bisa! Biaya Sewa Kantor di Hong Kong Termahal Didunia

Menurut JLL, harga sewa perkantoran yang tertinggi di pusat bisnis Hong Kong dikarenakan oleh beberapa perusahaan China yang menempati perkantoran Grade A, walaupun permintaan ini telah menurun pada kuartal terakhir. Hal ini memungkinkan perusahaan-perusahaan mendapatkan ruang kantor dengan harga yang lebih terjangkau di wilayah yang terdesentralisasi.

"Hong Kong East dan Kowloon East hadir sebagai wilayah alternatif yang diminati. Para penyewa ternama yang baru-baru ini pindah ke Hong Kong East termasuk Baker McKenzie dan Ernst & Young," ujar Denis Ma, Head of Research JLL Hong Kong dalam keterangan resminya seperti dikutip Selasa (11/12/2018).

Selama ini Hong Kong East dianggap sebagai wilayah untuk perkantoran back office oleh perusahaan multinasional, tetapi saat ini semakin banyak perusahaan yang melihat wilayah ini sebagai lokasi kantor pusat.

Berbagai perusahaan disektor keuangan, asuransi, real estate serta layanan bisnis telah beranjak ke Hong Kong East, dan saat ini menempati sekitar 37% dari basis penyewa. Perusahaan teknologi dan hukum juga banyak berpindah dari Central ke Hong Kong East.

Setiap distrik di kota di China (Hong Kong, Beijing, Shenzhen, Shanghai) hingga saat ini menempati peringkat 6 dari 10 wilayah kantor premium termahal di Asia. Sementara itu, Singapura masuk kedalam daftar 10 besar di kota-kota Asia, naik dari peringkat 14 pada tahun 2017.

Industri perbankan dan jasa keuangan berada di urutan pertama sebagai pemilik ruang kantor premium secara global, dan sebagai sektor yang menguasai lebih dari setengah cakupan dalam 72 wilayah.

"Bisnis layanan keuangan yang bernilai serta memiliki margin yang tinggi seperti perusahaan-perusahaan swasta, investasi perbankan, menyewa ruang perkantoran premium di Beijing, Shanghai, Tokyo dan Singapura. Meskipun biaya masih menjadi hal yang penting, perusahaan-perusahaan ini tetap memprioritaskan untuk bisa mengakses pekerja bertalenta dan memiliki fasilitas dalam memilih lokasi kantor berikutnya. Dengan bangunan berkualitas premium mereka memiliki target untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik, yang juga membantu meningkatkan citra perusahaan mereka." ujar Jeremy Sheldon, Managing Director, Markets and Integrated Portfolio Services, JLL Asia Pasifik.

Adapun premium office rents mengacu pada 'top achievable' untuk unit lebih dari 10.000 kaki persegi (atau sekitar 1.000 meter persegi) di gedung premium di wilayah kantor utama pada masing-masing kota. Laporan ini tidak termasuk penyewaan yang berasal dari level premium yang dibayar untuk kuantitas ruang yang kecil atau unit yang sangat bergengsi, dimana harga sewa yang cukup besar diterapkan.

Berikut ini biaya rata-rata sewa ruang kantor dari 20 wilayah teratas di Asia-Pasifik:


1. Hong Kong, Central, Hong Kong US$ 338
2. Beijing, Finance St, China US$ 189
3. Shenzhen, China US$ 155
4. Beijing, CBD, China US$ 153
5. Tokyo, Marunouchi, Jepang US$ 148
6. Delhi, Connaught Place, India US$ 142
7. Shanghai, Pudong, China US$ 131
8. Hong Kong East, Hong Kong US$ 122
9. Tokyo, Shinjuku, Jepang US$ 118
10. Singapore, Singapore US$ 108
11. Shanghai, Puxi, China US$ 102
12. Sydney, Australia US$ 102
13. Seoul, South Korea US$ 99
14. Mumbai, India US$ 96
15. Osaka, Jepang US$ 94
16. Hong Kong, Kowloon East, Hong Kong US$ 83
17. Guangzhou, China US$ 76
18. Taipei, Taiwan US$ 66
19. Ho Chi Minh City, Vietnam US$ 59
20. Jakarta, Indonesia US$ 57
Danis Lexaw Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar