Jumat, 01 Februari 2019

Update Rata-rata Harga Sewa Perkantoran di Surabaya



Lembaga survey properti, Colliers International mencatat ada empat gedung perkantoran baru di Surabaya yang dijual maupun disewakan pada tahun 2019 ini.

Di antaranya, Pakuwon Tower dan Praxis Office yang berada di Surabaya pusat, Spazio Tower dan Voza Office Tower yang berada di Surabaya Barat.

Baca Juga : Tiga Tantangan Bisnis Perkantoran di Surabaya


Untuk luas bangunan Pakuwon Tower mencapai 39.470 meter persegi, Praxis Office seluas 12.000 meter persegi, Spazio Tower kurang lebih 20.000 meter persegi, dan luas dari Voza Office Tower 18.607 meter persegi.

Ferry Salanto selaku Senior Associate Director Colliers International mengatakan, tren bisnis perkantoran di Surabaya cenderung kombinasi antara dijual dan juga disewakan.

"Karena mindset-nya bisa uang tunai di muka, berkesinambungan untuk disewa," ucapnya saat Press Luncheon Colliers di Four Points Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (30/1).

Oleh karena itu, lanjut dia, jika hanya dijual saja dibutuhkan waktu yang cukup lama. Sementara ada tenant atau pelanggan yang masih belum memiliki kemampuan daya beli.

Adapun rata-rata harga jual perkantoran strata title di Surabaya pusat sekitar Rp40 juta per meter persegi. Surabaya Barat sekitar Rp30 juta per meter persegi dan Surabaya Selatan Rp20 juta per meter persegi.

"Untuk harga sewa ruang kantor, rata-rata Rp125 ribu per meter per bulan hingga Rp200 ribu per meter sebulan," tambahnya.

Harga sewa kantor di kawasan CBD atau pusat kota Rp145 ribu meter persegi per bulan. Surabaya Selatan Rp 125 ribu per meter persegi per bulan.

Baca Juga : 4 Coworking Space di Surabaya yang Nyaman Buat Kerja

Surabaya Barat hampir sama dengan Surabaya Selatan yakni sekitar Rp120 ribu per meter persegi.

"Kecuali di Surabaya Timur melonjak tinggi hampir Rp200 ribu per meter persegi dan ini juga berlaku pada biaya maintenance (perawatan gedung). Di mana yang tertinggi juga di Surabaya Timur sekitar Rp80ribu per meter persegi per bulan," tambahnya.


Artikel ini telah tayang sebelumnya di laman Tribunjatim.com dengan judul "Ingin Sewa atau Beli Gedung untuk Kantor di Surabaya? Simak Rata-rata Harganya".
Danis Lexaw Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar