Rabu, 17 Juli 2019

Tips Mengamankan Wifi Kantor Dari Serangan Kantor



Wifi Kantor
WiFi seolah sudah menjadi hal wajib dimanapun kita berada, begitu juga saat di kantor. Hampir semua kantor saat ini memiliki jaringan WiFi, bahkan malah terkadang ada yang punya lebih dari satu. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa jaringan WIFI memiliki celah keamanan yang bisa di salah gunakan.

Tidak semua kantor menggunakan kata sandi (password) yang rumit untuk jaringan WiFi mereka. Bahkan tidak banyak yang membatasi kekuatan sinyal WiFi untuk mencegah koneksi jaringan dari luar kantor. Langkah kecil ini sebenarnya menjadi pencegahan sederhana dari potensi serangan yang berkeliaran di sekitar kantor dan mencoba masuk ke jaringan perusahaan melalui koneksi WiFi.

Wifi Kantor Rentan Serangan Hacker

Melakukan serangan pada login router hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Sedangkan meretas kombinasi password yang rumit membutuhkan lebih banyak waktu yang lama. Dengan beberapa router, seorang pelaku kejahatan cyber bisa dengan mudah menggunakan kelemahan dalam firmware.

Banyak perusahaan telah menggunakan jaringan WiFi yang berbeda untuk karyawan dan tamu. Ini adalah salah satu pencegahan yang masuk akal. Tamu kantor bisa terhubung ke jaringan Internet kantor; namun mereka tidak akan memiliki akses ke jaringan perusahaan dan sumber daya internal yang rahasia.

Berikut ini tips menghindari kerentanan pada jaringan WiFi kantor dari tim :
  • Perbarui firmware router Wi-Fi serta access pont nya, dan selalu lakukan pembaruan sistem atau updatesoftware secara berkala.
  • Gunakan kata sandi atau password yang unik, panjang, dan rumit untuk mengakses Wi-Fi. Dan pastikan kepada seluruh karyawan untuk tidak memberitahukan password kepada orang yang tidak berhak.
  • Batasi kekuatan sinyal sehingga jaringan Anda tidak bisa diakses dari luar kantor.
  • Sembunyikan nama jaringan untuk membuatnya lebih sulit ditemukan.
  • Pilihlah nama jaringan yang unik, kemudian jauhkan nomor model router dari itu, sehingga pelaku kejahatan siber tidak bisa masuk kedalam jaringan internal.
  • Pisahkan jaringan Wi-fi untuk tamu sehingga mereka tidak punya akses ke sumber daya internal.
Danis Lexaw Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar