Selasa, 02 Desember 2014

Asal Muasal Dan Pengertian Desain Rumah Minimalis


desain rumah, rumah, arsitrktur, interior, eksterior, minimalis, properti,


Asal Muasal Dan Pengertian Desain Rumah Minimalis – Desain rumah dengan tipe minimalis telah ada sejak lama, hingga kini tak asing lagi gaya ini diterapkan untuk sebuah hunian. Sekitar tahun 1920 yang lalu, desain rumah minimalis sudah mulai dikembangkan, namun belum begitu terkenal seperti sekarang ini. Barulah ketika pada tahun 1990an konsep yang disebut juga desain sederhana ini mulai banyak dikenal oleh banyak orang dan terus mengalami perkembangan yang pesat pada satu dasawarsa kemudian,  atau tepatnya pada tahun 2000.

Banyak orang awam beranggapan bahwa desain minimalis adalah suatu desain yang hanya menghasilkan bentuk rumah sederhana namun tetap memiliki nilai estetika dan kesan ruang yang lebih lapang. Padahal pengertian dari desain rumah minimalis tidak berpatok pada itu saja.

Salah satu alasan utama dari terciptanya desain rumah minimalis adalah sebagai salah satu bentuk protes terhadap beberapa aliran arsitektur yang dianggap boros, dalam penggunaan bahan baku bangunan yang tidak ramah terhadap kelestarian alam. Contohnya penggunaan kayu untuk bahan bangunan atau pembuatan interior yang diambil dari alam, padahal kita tidak bisa memproduksinya sendiri.

Pengertian model rumah minimalis lebih memprioritaskan fungsi dari penggunaan bahan bangunan dan aksesoris rumah secara maksimal. Konsep ini juga menghindari pemakaian ornamen atau hiasan rumah yang di anggap tak perlu atau berlebih. Ini menjadikan tantangan bagi para arsitek dalam membuat rancangan atau desain rumah yang baru. Sehingga saat ini banyak sekali bermunculan ide-ide segar yang diciptakan oleh para arsitektur untuk mendapatkan model atau desain baru yang mampu menyesuaikan dengan tren masa kini.

Le Corbusier dan Ludwig Mies van der Rohe adalah dua tokoh yang sangat berjasa dalam mempopulerkan desain rumah tipe minimalis. Dari tangan mereka berdua lah terciptanya warna dan pengaruh perubahan yang menuju konsep keserderhaan yang menjadi tujuan utama dari desain rumah minimalis.

Di Indonesia  konsep desain rumah minimalis juga telah mengalami banyak perkembangan yang pesat, terutama setelah era keemasan desain klasik dan mediteranian mulai mengalami penurunan. Namun, karena belum begitu pahamnya masyarakat kita terhadap pengertian dan tujuan dari konsep desain minimalis itu sendiri, maka kebanyakan dari mereka asal saja meniru konsep desain minimalis yang diterapkan di Negara Eropa dan Amerika.

Masyarakat kita tidak menyadarai bahwa iklim tropis yang ada di Indonesia sangat berbeda jauh dengan iklim di Negara Eropa dan Amerika. Salah satu contohnya adalah pada sistem pencahayaan yang dibuat. Untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang banyak, pemilik rumah minimalis menghilangkan kanopi yang memang tidak diperlukan oleh rumah-rumah minimalis Eropa.

Padahal di daerah Indonesia sendiri suhu sinar mataharinya lebih tinggi bila di bandingkan dengan Negara-negara Eropa. Maka efek bagi rumah-rumah di Indonesia adalah, suhu di dalam rumah menjadi panas dan perabotan rumah menjadi cepat rusak dan warnanya juga cepat memudar karena terkena sinar matahari. Hal ini tentunya akan membuat biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rumah menjadi semakin mahal.

Sekian artikel Asal Muasal Dan Pengertian Desain Rumah Minimalis dari saya, semoga dapat bermanfaat

Mungkin Anda juga perlu membaca Desain Rumah Untuk Iklim Tropis !
Danis Lexaw Web Developer

Saya suka mencari cerita dan ilmu lalu membagikannya. Bisa saja itu menjadi tips dan artikel yang selalu akan saya bagikan melalui blog saya.