Selasa, 04 November 2014

Desain Rumah Untuk Iklim Tropis


http://danislexaw.wordpress.com/2014/11/03/desain-rumah-tropis-minimalis/


Desain Rumah Untuk Iklim Tropis – Di Indonesia memiliki iklim tropis, jadi rumah yang cocok untuk iklim seperti ini adalah rumah dengan desain tropis. Karena pada iklim tropis Indonesia terdapat dua musim yaitu musim kemarau atau kering dan musim hujan atau basah. Seperti yang  kita ketahui pada saat musim kemarau terik matahari menjadikan udara begitu panas di siang hari, dan ketika musim hujan tiba udara berubah menjadi dingin dan sangat lembab. Rumah yang dirancang harus sesuai dengan iklim tropis, agar penghuni rumah tetap nyaman dalam menghadapi perubahan udara sepanjang tahun. Oleh karena itu desain rumah tropis minimlis dirancang sedemikian rupa, sehingga memiliki unsur-unsur rumah yang mampu mengendalikan suhu udara di dalam rumah.
Bagaimana caranya untuk mengendalikan suhu di dalam rumah agar tetap bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya? Simak caranya berikut ini:
  1. Kemiringan Atap Rumah
Semakin miring atap yang kita buat tentunya akan menciptakan volume ruang atap menjadi lebih besar. Ini berfungsi untuk meredam suhu panas yang timbulkan dari atap rumah dari paparan sinar matahari langsung. Supaya udara panas tidak dapat diteruskan ke dalam ruangan, itu sebabnya volume ruang atap di buat sebesar mungkin. Untuk penutup atap yang cocok digunakan untuk rumah tropis adalah genting gerabah atau bisa juga genting dari bahan keramik. Atur sudut kemiringan atap minimum 30 derajat.
  1. Dinding Rumah
Dinding rumah tropis harus lah memiliki ketinggian yang cukup, agar sirkulasi udara di dalam rumah menjadi bagus. Ketinggian plapond dari lantai minimal adalah 300cm. Atur ruangan sedemikian rupa, seperti ruang tamu dan  ruang keluarga sebaiknya digabung untuk menghemat ruangan. Untuk ruang makan sebaiknya hindari penggunanaan pembatas ruangan dengan dinding tembok agar ruangan menjadi terbuka. Selain mampu menciptakan rumah terasa luas dan lega, cara ini ampuh menghalau udara yang panas di dalam rumah pada waktu siang hari.
  1. Jendela dan Lubang Ventilasi
Buat jendela dengan ukuran yang cukup besar pada setiap dindin atau tembok yang menghadap keluar. Agar sirkulasi udara di dalam rumah lancer, karena pergantian udara dari luar menuju ke dalam rumah menjadi maksimal karena adanya bukaan jendela yang besar. Untuk menambah sejuknya udara di dalam rumah, Anda bisa juga menambahkan lubang ventilasi pada bagian atas di setiap jendela.
  1. Buat Taman dan Kolam Hias
Penambahan taman dan kolam hias adalah pilihan tepat untuk menunjang rumah dengan desain tropis. karena akan memberikan kesegaran udara di rumah dan menambah kenyamanan tentunya. selain berfungsi sebagai dekorasi untuk menambah keindahan rumah, taman dan kolam juga dapat berfungsi sebagai peredam udara panas dan penyaring udara.
  1. Warna Cat Rumah
Pemilihan warna cat yang tepat pada semua bagian atau komponen rumah termasuk juga pemilihan warna yang tepat untuk perabot, aksesoris atau ornament rumah akan memberikan nuansa rumah tropis yang nyaman dan indah. Pada bagian luar  rumah, Anda bisa warna abu-abu sebagai warna dominan. Sedangkan bagian dalam rumah, cukup pilih warna putih atau saja untuk melapisi seluruh tembok rumah.


Itu lah lima hal yang bisa saya bagikan untuk Anda mengenai desain rumah untuk iklim tropis. Mungkin Anda bisa menanmbahkan unsur-unsur lainnya, agar rumah tetap nyaman di huni siang malam sepanjang musim. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah berkunjung hari ini.
Danis Lexaw Web Developer

Saya suka mencari cerita dan ilmu lalu membagikannya. Bisa saja itu menjadi tips dan artikel yang selalu akan saya bagikan melalui blog saya.