Senin, 07 September 2015

Ruang Kantor Twitter Yang Mengusung Tema Alam



resepsionis, ruang resepsionis, kantor, twitter, ruang kantor, kantor twitter

Ruang kantor twitter yang mengusung tema alam - Siapa yang tak kenal dengan twitter? Situs jejaring sosial dengan format mikroblog yang sudah menampung jutaan cuitan warga dunia ini ternyata memiliki ruang kantor yang tidak sesederhana cuitannya. Pada situsnya, Twitter boleh saja membatasi penggunanya hanya berkicau maksimal 140 karakter. nyatanya, kekaguman akan desain dan juga interior kantor twitter ini tidak bisa digambarkan dalam 140 karakter.

Di kantor pusatnya yang berada di San Fransisco, Amerika Serikat, Si "burung mungil" ini membangun sebuah kantor yang tidak hanya memiliki tampilan menawan, namun juga memiliki fasilitas modern dan lengkap yang dapat membuat bahagia seluruh karyawannya. Ada ruang makan yang dibuat nyaman, ruangan yoga, tempat bersantai yang terdapat rumput di atap gedung,  hingga ruangan bermain yang bisa digunakan karyawannya yang ingin melepas lelah.

Markas besar twitter ini menempati sebuah gedung ikonik yang dibangun pada tahun 1937 yang memiliki Art Deco. Dari 11 lantai yang ada, Twitter menempati tiga lantai, yaitu di lantai 7 hingga lantai 9 yang ada didalam kompleks Market Square. Ruang kantor dengan luas sekitar 30.000 m2 yang dulunya sebagai tempat jual furniture itu, twitter menempatinya sejak Juni 2012. Disini twitter menciptakan kantornya dengan menggabungkan desain modern dan desain klasik, yang secara keseluruhan memiliki tema tentang alam.

Markas twitter ini merupakan ruang kerja modern yang dirancang secara khusus untuk dapat mencerminkan serta memelihara kultur twitter, memungkinkan karyawan memiliki kreativitas tinggi, serta dapat membuat seluruh karyawan bekerja dengan penuh semangat.

Ruang kantor twitter berikut benar-benar mencerminkan brand perusahaan yang berupa logo burung kecil berwarna biru, signature warna biru, kekayuan alami, serta memiliki motif ranting. Terdapat juga ruang terbuka yang tampak seperti gua, kolom beton bangunan yang dibiarkan asli disulap menjadi hamparan besar ditambah tempat duduk ala tribun. Di kantor twitter juga terdapat ruang konferensi besar dan kecil dengan paduan kursi informal, area beristirahat dengan tambahan beberapa pantry.

Pada area lift, kita akan merasa seperti sedang memasuki sarang burung, perasaan ini terus bertahan sampai kita masuk ke dalam ruang penerima tamu. Di meja resepsionis terlihat meja yang menyajikan nuansa kayu dan ranting.
cafetaria, twitter, kantor, ruang kantor, kantor twitter, cafetaria twitter

ruang meeting, kantor, ruang kantor, twitter, kantor twitter

ruang terbuka, kantor, ruang kantor, twitter, kantor twitter

ruang tunggu, kantor, ruang kantor, twitter, kantor twitter

taman, taman atap, kantor, ruang kantor, twitter, kantor twitter


Kantor pusat twitter ini di rancang oleh perusahaan arsitektur ternama IA Interior Architects dan dukungan studio lokal yang bernama Lundberg Design. Mengangkat konsep urban campus atau kampus perkotaan, ruang pertemuan sengaja dibuat meluas dengan tujuan untuk dapat meningkatkan interaksi kreatif antar semua karyawan. Secara keseluruhan, pola internal ruang kantor didominasi oleh warna yang mencerminkan simbol twitter itu sendiri, yakni warna biru langit, dan juga dilengkapi dengan berbagai motif kayu millwork dan juga motif ranting.

Selain itu terdapat juga ruangan lounge modular yang memajang karya seni dari berbagai seniman lokal. Untuk tujuan menunjang efektivitas pekerjaan, twitter menyediakan pusat kebugaran, studio yoga, ruang bermain dan kafetaria yang besar untuk memanjakan seluruh karyawannya. Untuk melengkapi fasilitas wah yang dimiliki kantor twitter, terdapat juga ruang pertemuan komunal dengan pemandangan taman alfresco yang konon menawarkan pemandangan cakrawala yang sangat menakjubkan diwaktu malam hari.

Nancy McEvers Anderson principal IA Interior Architect menuturkan, dia menyesuaikan desain ruang kantor twitter ini dengan perkembangan twitter itu sendiri. Yang bermula dari perusahaan startup, twitter kini tumbuh menjadi perusahaan yang besar.

Agar seluruh karyawan twitter merasa berada di "rumah lamanya" saat tengah menjalakan pekerjaannya di kantor yang baru ini, Nancy memindahkan sebagian barang-barang dari kantor twitter yang lama untuk dapat digunakan kembali. Pengerjaan serta penyelesaian kantor pusat twitter ini seluruhnya berbasis lingkungan.

Nancy mendesain kantor twitter agar memiliki rasa rendah hati. Maka dari itu, tidak ada warna yang utama di kantor tersebut. Dia juga mengiyakan pihak twitter yang menginginkan tempat yang dapat dicintai karyawannya. Lantas, dibangunlah beberapa ruang tempat berintersaksi yang nyaman, termasuk diantaranya taman dengan rumput hijau yang dibangun diatap gedung.

Twitter menciptakan ruang kantornya dengan modern, nyaman dan melengkapinya dengan berbagai fasilitas mewah hanya untuk karyawannya. Dengan rasa nyaman dan bahagia ketika berada di kantor, diharapkan karyawan dapat fokus dalam bekerja bekerja serta dapat menghasilkan karya yang kreatif. (Khairina/KoranJitu)

Terima kasih telah membaca ruang kantor twitter yang mengusung tema alam.
Danis Lexaw Web Developer

Saya suka mencari cerita dan ilmu lalu membagikannya. Bisa saja itu menjadi tips dan artikel yang selalu akan saya bagikan melalui blog saya.