Rabu, 10 Juli 2019

Inilah Gedung Perkantoran dari Kontainer Tertinggi di Dunia




gedung, perkantoran, kontainer, arsitektur
Kontainer untuk bahan baku (material) utama bangunan memang sudah lama digunakan. Tidak hanya untuk bangunan rumah, kontainer bekas juga digunakan untuk pembangunan gedung perkantoran.

Seperti gedung perkantoran yang berada di Whitechapel, London, Inggris ini. Kantor arsitektur Patalab membangun gedung perkantoran sembilan lantai yang memiliki tinggi 26 meter.

Baca Juga : Desain Rumah Dua Lantai Sekaligus Ruang Kantor Bersama

Jika pembangunannya rampung, gedung perkantoran tersebut akan jadi yang paling tinggi sedunia yang terbuat dari kontainer. Lebih tinggi dari Freitag Store yang berada di Zurich, Swiss.

Alasan menggunakan limbah kontainer sebagai bahan material adalah karena nilai estetikanya. Dengan struktur modular, pembangunannya dirasa lebih praktis dan mudah.

“Di satu sisi kontruksi menggunakan peti kemas sangat ekonomis, terutama dengan struktur modular sehingga dapat dirakit di luar dengan waktu yang singkat,” kata CEO Arsitektur Patalab Uwe Schmidt-Hess dikutip website Dezeen.com.

Pembangunan gedung kantor tersebut menggunakan tumpukan sembilan kontainer. Rangka atau struktur gedung dibuat menggunakan material baja. Sementara fasad sekelilingnya akan dilapisi kaca.

Pada bagian dalam, kontainer tersebut dipotong menjadi beberapa bagian sehingga membentuk kerangka ruang kantor terbuka. Setiap lantainya akan memiliki koridor yang dilapisi dengan logam berwarna.

“Gedung kantor ini lebih tinggi daripada bangunan kontainer sebelumnya. Ini berarti pengaturan struktural
harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati,” kata Schmidt-Hess.

Baca Juga : Coworking Space Pacu Produktifitas dan Kreatif Kaum Milenial

Sebagai syarat persetujuan perencanaan, bangunan tersebut harus memenuhi standar keberlanjutan yakni Building Research Etablishment Environmental Assessment Method (BREEAM). Untuk itu, gedung kontainer ini juga dibangun dengan konsep keberlanjutan.

“Kami mendorong aspek keberlanjutan dengan konsep daur ulang, bahkan pada bagian atap akan terdapat panel surya, dan mencapai peringkat BREEAM yang sangat baik,” ucap Schmidt-Hess.


Sumber : www.medcom.id
Danis Lexaw Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar