Rabu, 03 Juli 2019

Tips Membuat Kantor di Rumah Pada Ruang yang Kosong


ruang kantor, rumah, kantor

Jika rumah Anda menyisakan sedikit ruang atau dinding yang kosong? Cobalah merubahnya menjadi ruang kerja. Rumah tak hanya jadi hunian saja, tetapi juga bisa dijadikan pusat kendali usaha (bisnis) Anda.

Hal ini tentunya berlaku bila Anda menjalankan sebuah perusahaan rintisan (startup) dari rumah.

Tak hanya itu saja, yang demikian juga berlaku jika Anda pekerja kantoran yang kerap membawa pekerjaan kantor ke rumah pada saat-saat tertentu.

Simak tips untuk membuat kantor pada ruang kosong di rumah berikut ini :

Siapkan rak penyimpanan

Manfaatkan area kosong di dinding untuk menempatkan rak dinding atau tempat penyimpanan sehingga bisa menghemat ruang.

Baca Juga : Desain Rumah Dua Lantai Sekaligus Ruang Kantor Bersama

Jika memungkinkan, buatlah rak penyimpanan dari kayu bekas dan tempelkan di dinding. Rak penyimpanan ini bisa digunakan layaknya laci pada meja kerja untuk menyimpan dokumen atau peralatan perkantoran lainnya.

Biarkan rak-rak ini terbuka sehingga mudah untuk mengambil atau meletakkan barang. Walau begitu pastikan menggantung rak-rak tersebut dengan menggunakan perangkat kuat, sehingga tidak mudah lepas.

Kurangi penggunaan kabel yang tidak perlu

Kurangi penggunaan kabel di ruang kantor Anda. Tetapi jika Anda terpaksa harus menggunakan kabel, maka rapikan dengan di tutup pipa PVC dan tempel pada tembok. Hal ini cukup efektif untuk menjaga ruang kerja tetap rapi.

Tambahkan pengait dan gantungan

Jika pekerjaan Anda membutuhkan banyak kertas dan dokumen penting, tambahkan pengait dan juga gantuungan. Kedua benda ini bisa difungsikan untuk menyimpan beberapa barang sehingga meja tidak berantakan.

Pisahkan dengan warna

Ruang kerja dengan warna monoton terkadang bisa membuat jenuh dan bosan. Untuk itu, Anda bisa memisahkan beberapa tempat peyimpanan dengan warna.

Gunakan satu warna misalnya pinu untuk memisahkan tempat penyimpanan khusus untuk buku dan warna netral untuk dokumen penting.

Baca Juga : Ruang Kantor yang Tidak Terisi di DKI Bertambah

Pemisahan dengan warna selain membuat ruang kerja lebih nyaman dan juga terorganisasi.

Selain itu, siapkan penyortir file yang berfungsi mengatur persediaan menulis seperti alat tulis, amplop, dan surat.
Danis Lexaw Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar